Senin, 13 Januari 2014

Maulid Nabi Muhammad SAW

Kata Maulid berasal dari bahasa Arab yaitu hari lahir. Maulid Nabi Muhammad SAW adalah hari kelahiran dari Nabi Muhammad SAW. Beliau dilahirkan di Makkah berjarak 200 m dari Masjidil Haram pada hari senin menjelang terbitnya fajar pada tanggal 12 Rabi’ul Awal di tahun Gajah dan bertepatan dengan tanggal 20 April 571 M. Dinamakan tahun Gajah karena pada masa itu Abrahah dan bala tentaranya yang datang dari Yaman untuk menyerang dan meruntuhkan ka'bah dengan mengendarai gajah. Untunglah Allah pada saat itu menggagalkan upaya mereka dengan mengirim burung ababil yang membawa batu dari neraka, sehingga abrahah dan pasukannya mati dengan keadaan yang sangat buruk. Dan hal itu sudah dijelaskan Allah dalam surat Al-Fii yang Artinya:

"1. Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?
  2. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia?
  3. dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong,
  4. yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar,
  5. lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat)."

Sifat-Sifat Nabi yang patut di teladani oleh semua umat manusia ada 4 :
  • Shiddiq artinya benar. Bukan hanya perkataannya yang benar, tapi juga perbuatannya juga benar. Sejalan dengan ucapannya.
  • Amanah artinya benar-benar bisa dipercaya. Jika satu urusan diserahkan kepadanya, niscaya orang percaya bahwa urusan itu akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. 
  • Tabligh artinya menyampaikan. Segala firman Allah yang ditujukan oleh manusia, disampaikan oleh Nabi.
  • Fathonah artinya Cerdas. Mustahil Nabi itu bodoh atau jahlun. Dalam menyampaikan 6.236 ayat Al Qur’an kemudian menjelaskannya dalam puluhan ribu hadits membutuhkan kecerdasan yang luar biasa. Nabi harus mampu menjelaskan firman-firman Allah kepada kaumnya sehingga mereka mau masuk ke dalam Islam. Nabi juga harus mampu berdebat dengan orang-orang kafir dengan cara yang sebaik-baiknya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar